Flash Lable

Minggu, 30 September 2012

DELEGASI SISTER CITY Surabaya diterima Direktur Education, Youth and Sport di Varna Municipality

Penulis   : Biasworo Adisuyanto Aka
Tanggal  : 26 September 2012



Usai penerimaan delegasi sister city Surabaya oleh Deputy Mayor Varna Municipality, Prof. Christo Bozov, M.D, Ph.D di ruang kerjanya pada tanggal 25 September 2012 tepat pukul 11.30 hingga 12.10. Delegasi yang terdiri dari Soemarno, Edi Santoso, Biasworo Adisuyanto Aka, dan Fransisca Januarumi diterima Direktur Education, Youth and Sport di Varna Municipality, Mrs. Kaliana Popstefanova sekitar pukul 13.30. Pertemuan ini sangat penting untuk dapat menggali informasi perencanaan strategi pengembangan dan pembinaan olahraga di Kota Varna. Oleh sebab itu, kesempatan baik ini benar-benar dimanfaatkan oleh delegasi sister city Surabaya untuk menggali dan mencatat beberapa program kerja yang mungkin belum dilaksanakan untuk kemajuan Kota Surabaya, khususnya di bidang olahraga.

Tidak sebagaimana Kota Surabaya, pengembangan dan pembinaan olahraga secara langsung dalam kewenangan Dinas Pemuda dan Olahraga. Di Kota Varna sedikit agak berbeda, pengelolaan berada dalam kewenangan Direktorat Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. Direktorat ini memiliki kewenangan pada tiga bidang penanganan yang besar, yaitu Departemen pendidikan yang membawahi 5 Universitas, 2 collages, 6 reserch institutes, 100 schools, 2500 scientist dan schoolars, serta 36.000 siswa. Departemen  Ppemuda lebih mengarah kepada penanganan pengembangan diri kaum muda. Ada beberapa faisiltas pengembangan pemuda yang menjadikan kebanggaan Kota Varna, diantaranya adalah terdapat Gedung Galeri Seni yang dipergunakan sebagai tempat pameran lukisan dari kaum muda Kota Varna, Gedung Pusat Pengembangan teater dan musik, Gedung pertunjukan opera, gedung istana tetaer boneka, gedung pusat festival dan konggres pemuda, gedung istana budaya dan olahraga dan masih banyak lagi termpat-tempat untuk pengembangan diri kaum muda di Kota Varna. Sedangkan Departemen  olahraga, Mrs. Kaliana Popstefanova manambahkan penjelasan tentang penanganan olahraga oleh lembaga ini adalah sebatas olahraga untuk masyarakat dan olahraga amatir. Olahraga masyarakat lebih cenderung mempunyai target sasaran sebagai upaya meningkatkan kesehatan dan rekreasi, sedangkan olahraga amatir dipersiapkan mulai dari pembibitan atlet, pembinaan sampai dengan persiapan mengikuti pertandingan, baik di tingkat Eropa sampai dengan dunia.

Pertemuan dengan Direktur Education, Youth and Sport di Varna Municipality, Mrs. Kaliana Popstefanova tidak membutuhkan waktu yang lama, kurang lebih tiga puluh menit. Walaupun demikian beberapa hal terkait dengan kegiatan pemuda dan olahraga, khususnya kegiatan olahraga dapat disampaikan dengan baik, diantaranya adalah pemenuhan fasilitas sarana dan prasarana olahraga untuk kegiatan masyarakat. Khususnya yang lebih ditonjolkan pada sebuat tempat dengan nama “The Sea Garden Park”, sebuah taman rekreasi yang di dalamnya terdapat jalan setapak dan beberapa fasilitas yang dapat dipergunakan sebagai sarana olahraga. Penyediaan fasilitas olahraga ini, dengan harapan agar masyarakat dapat memelihara kesehatan dan kebugarannya. Kesehatan dan kebugaran dapat dicapai bila kasadaran masyarakat terhadap kegiatan olahraga sudah meningkat. Peningkatan kesadaran ini tidak akan mengkin dicapai secara baik bila tidak ditunjang dengan pemenuhan fasilitas olahraga di semua tempat rekreasi.

Kesadaran masyarakat yang tinggi untuk melakukan aktivitas olahraga berdampak kepada mudahnya pencarian bibit atlet cabang olahraga. Olahraga amatir yang paling populer di Kota Varna adalah seperti sepak bola, tenis lapangan, senam, dan Mua Thai. Walaupun beberapa cabang olahraga lainnya juga mereka melakukan, seperti renang, tenis meja, karate, bola voli, basket, dll tetapi yang paling menonjol adalah senam dan sepek bola serta tenis lapangan. Pencarian bibit atlet mereka tidak sulit, karena kesadaran orang tua terhadap pentingnya berolahraga sangat besar untuk kesehatan, sehingga mereka berduyun-duyun mengantarkan anak-anaknya melakukan aktivitas olahraga, dengan harapan selain sehat juga dapat berprestasi.

Begitu pula dengan delegasi sister city Surabaya, Soemarno menyampaikan  beberapa hal terkait dengan penanganan olahraga yang diserahkan kepada satu lembaga, yaitu Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya, yang memiliki kewenangan hampir sama dengan Direktorat yang berada di Kota Varna. Hanya perbedaannya bahwa bidang pendidikan ditangani secara terpisah Oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Adapun kewenangan dan pengelolaannya tidak jauh berbeda. Disela pembicaraan yang menarik terkait dengan pembinaan olahraga, Soemarno juga menambahkan agar dalam peningkatan program sister city antara Kota Surabaya dengan Kota Varna salah satunya saling mengundang di  event turnamen. Seperti halnya cabang olahraga senam memiliki agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun sekitar bulan Juni, yaitu Kejuaraan Nasional Antarklub dalam rangka memperebutkan Piala Bergilir Walikota Surabaya. Harapannya, mereka dapat menyertakan atlet dan pelatihnya dalam event tersebut, dan sebaliknya apabila Kota Varna mempunyai Kejuaraan Senam Juga dapat mengundang Kota Surabaya.

Usulan yang disampaikan Soemarno sebagai ketua delegasi sister city Surabaya, dsambut baik oleh Direktur Education, Youth and Sport di Varna Municipality, Mrs. Kaliana Popstefanova dan akan menjadi pertimbangan usulan kepada Pemerintah Kota Varna. Beliau juga sudah mengagendakan agar delegasi sister city Surabaya dapat bertemu dengan Kepala Departemen Olahraga Pelajar di Youth Center.

Pertemuan diakhiri dengan memberikan souvenir sebagai kenangan, baik dari delegasi sister city Surabaya maupun dari Direktur Education, Youth and Sport di Varna Municipality. Untuk selanjutnya, memenuhi anjuran Mrs. Kaliana Popstefanova untuk dapat menggali lebih banyak informasi kegiatan olahraga dan fasilitas olahraga, yaitu menemui Head of Sport Department, Mrs. Kristiana Gencheva di Youth Centre.

Departemen Olahraga merupakan bagian yang tidak terpisah dari Direktorat Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. Walaupun letak kantornya tidak menjadi satu di Pemerintahan Kota Varna. Namun kewenangan kerjanya masih berada di bawah naungan lembaga tersebut. Semua aktivitas olahraga berada di bawah kewenangan Departemen Olahraga, yaitu olahraga masyarakat, olahraga pelajar, dan olahraga amatir.

Departemen ini, bekerjasama dengan organizing commite  untuk mengelola fasilitas sarana dan prasarana yang diperuntukan masyarakat, sedangkan  untuk melaksanakan kegiatan olahraga bekerjasama dengan pemerintah setempat dan pemerintah daerah. Lembaga ini juga bertanggung jawab menyusun program dan konsep pengembangan dan pembinaan olahraga.

Beberapa jadwal kunjungan ke berbagai tempat pusat olahraga sudah di agendakan oleh Kepala Departemen Olahraga, diantaranya adalah kunjungan ke Mladost Sport Complex, kunjungan ke Primorski Swimming Complex, kunjungan ke Asparuhovo Facilities. Selain itu, delegasi sister city Surabaya juga diagendakan melihat beberapa kegiatan yang sedang berlangsung di Kota Varna, diantaranya adalah kegiatan Opera “Hello Broadway” di Festival dan Congress Centre, kejuaraan Muay Thai European Champinship, official opening di Culture and Sport Palace, Pelatihan Cabang Olahraga senam, opening of Weight Lifting, Petangue and Shot putting Tournament di “Stella Eneva” Sport Hall, opening of the track and field sport run “Varna Cup” di Festival and Congress Centre, melihat “Gracia” Rhythmic Gynastics Club – celebration on the occasion of the new competition year launching di Prostor hall Spartak Stadium, menyaksikan official closing of the International Tennis Tournament for women di “Cherno more Elit” Tenis Club, dan menyaksikan latihan beberapa cabang olahraga di Kota Varna.

Dalam dua minggu kunjungan delagasi sister city Surabaya, telah dipersiapkan agenda yang sangat padat oleh Departemen Olahraga. Hal ini bertujuan sebagai pembanding kegiatan yang berada di Kota Varna dengan Kota Surabaya. Tepat pukul 16.00 pertemuan berakhir, untuk memulai kunjungan kerja keberbagai tempat pada keesokan harinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar