Flash Lable

Selasa, 09 Oktober 2012

DELEGASI SISTER CITY Surabaya Kunjungi Fasilitas Olahraga di Mladost, Varna



Kunjungan delegasi sister city Surabaya yang tidak kalah pentingnya adalah ketika peninjauan ke beberapa tempat fasilitas olahraga yang dimiliki Kota Varana. Kota dengan jumlah penduduk sebanyak 334.870 jiwa merupakan kota terbesar nomor tiga di Bulgaria setelah Sofia dan Plovdiv. Namun kota ini menjadi pusat administrasi provinsi homonymous. Pemerintah Kota Varna tidak mengesampingkan pembangunan fasilitas sarana dan prasarana olahraga. Dengan pemenuhan fasilitas olahraga ini pemerintah Kota Varna berharap agar masyarakatnya memiliki kesehatan dan kebugaran serta prestasi diberbagai event internasional. Beberapa fasilitas olahraga yang dimiliki, ada beberapa tempat lokasi dengan kondisi bangunan lama, tetapi juga terdapat lokasi dengan bangunan fasilitas yang masih baru.

MLADOST SPORT COMPLEX


Lapangan Sepak Bola Mini (Futsal)
Sebuah area dengan luas kurang lebih 4 hektar, terdapat berbagai fasilitas sarana olahraga yang diperuntukan kepentingan masyarakat. Mengingat kondisi Kota Varna memiliki empat musim, maka dalam proses pembangunannya pun disesuaikan dengan kondisi mampu di empat musim tersebut. Pembangunan fasilitas olahraga di area ini bagitu apik dan tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas untuk masing-masing jenis cabang olahraganya. Satu lokasi dengan lokasi lainnya hanya dibatasi oleh pagar jaring yang terbuat dari ram-raman besi. Agar satu dengan yang lainnya tidak saling terganggu. Di area ini terdapat lapangan sepakbola dengan ukuran kecil, kalau di Kota Surabaya lebih dikenal dengan sebutan lapangan Futsal, terdapat dua lapangan yang sangat representative.  Penggunaan rumput sintetis sebagai alas lapangan menjadikan area ini dapat dipergunakan untuk empat musim.

Pada area ini tidak hanya lapangan sepak bola, tetapi juga disekitarnya terdapat lapangan basket, lapangan voli, arena sketing, panjat tebing, squas, jalur sepatu roda, jalur bersepeda, arena cheerleading, arena BMX, in line, dan permainan anak-anak, yang semuanya dibangun dalam satu komplek. Di gapura paling depan saat akan masuk ke arena ini terdapat sebuah tulisan yang berbunyi “SPORT 4 ALL” bila kita baca “Sport for All” lebih dikenal di Indonesia sebutan ini adalah untuk “Olahraga Masyarakat”. Artinya bahwa seluruh area fasilitas olahraga di kawasan Mlodost Sport Complex ini diperuntukan sebagai sarana olahraga untuk masyarakat dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani.

Kawasan fasilitas olahraga ini dibiayai sepenuhnya oleh Varna Municipality dan seluruh masyarakat dapat melakukan aktivitas di arena ini dengan tidak dipungut biaya. Kawasan ini dibangun tidak hanya untuk melengkapi fasilitas olahraga saja, tetapi juga ada fasilitas lain yang dapat dipergunakan sebagai wisata keluarga, diantaranya adalah, permainan air, lokasi out bound anak-anak. Yang kesemuanya dapat menimbulkan keinginan anak untuk bermain dan beraktivitas fisik (olahraga).

Lapangan Sepak Bola Mini (Futsal)
Tribun
Lapangan Futsal

Pada kompleks fasilitas olahraga Mlodost terdapat dua buah lapangan sepak bola mini atau yang lebih dikenal di Kota Surabaya, dengan nama Futsal. Kedua lapangan sepak bola mini ini satu dengan yang lainnya saling bersebelahan, hanya dibatasi dengan pagar besi dengan ketinggian 16 meter. Ukuran untuk masing-masing lapangan adalah 24 x 40 meter. Rumput sebagai alas digunakan rumput sintetis. Disebelah luar kedua lapangan ini ada tribun tempat duduk penonton dengan bahan fiberglas berkualitas warna biru dan putih.


Lapangan Bola Voli



Lapangan Voli

Letak lapangan bola voli bersebalahan dengan kedua lapangan sepak bola mini (Futsal). Tiang penyangga net dipergunakan secara fleksible, artinya dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan untuk putra atau untuk putri. Luas lapangan sesuai dengan ukuran lapangan bola voli pada umumnya, ditambah 2 meter sebagai pembatas pagar besi sebagai penyekat lapangan lainnya. Tinggi pagar besi pembatas, sama dengan ketinggian pagar lainnya seperti contohnya   pada lapangan sepak bola mini. Keberadaan pagar ram besi ini sangat membantu kondisi pemanfaatan lahan secara maksimal. Artinya, dengan luas area kurang lebih 4 hektar, dapat dibangun banyak fasilitas olahraga. Dengan demikian jelas bahwa peran pagar ram besi tersebut sangat efesien dan efektif dari sudut pemanfaatan lahan.

Lapangan Basket

Begitupula dengan letak lapangan bola bakset, bersebelahan dengan lapangan voli dan hanya dibatasi dengan pagar ram besi dengan ketinggian 4 meter. Tiang penyangga ring basket sangat sederhana tetapi menggunakan bahan yang sangat berkualitas. Alas lapangan basket menggunakan bahan karet yang dipasang secara permanen. Sebagaimana lapangan lain yang terdapat di Mlodost Sport Complexs, lapangan basket ini diperuntukan kepada masyarakat tanpa dikenakan biaya. Segala perawatan fasilitas bangunan ini sepebuhnya dikelola oleh Pemerintah Kota Varna. Ukuran lapangan basket ini sudah sesuai dengan ketentuan standard internasional. Batas pemasangan pagar ram besi berjarak kurang lebih 2 meter dari batas garis lapangan.

Lapangan Indoor Hocky Ice Skating

Dom Indoor
Lapangan Hocky Ice Skating
Tribun Penonton
Dalam area Mlodost Sport Complex terdapat sebuah bangunan dom putih dengan ukuran kurang lebih 40 m x 60 m yang dipergunakan sebagai fasilitas sarana dan prasarana olahraga Hocky Ice Skating. Bangunan ini dibuat dengan tidak menggunakan bahan batu bata, namun menggunakan bahan terpal khusus yang mampu beradaptasi dengan kondisi empat musim. Dalam bangunan tersebut terdapat arena Hocky Ice Skating yang beralaskan es padat di kellilingi pagar kaca dengan ketebalan yang cukup memadai sebagai pembatas area lapangan. Di seputar luar area terdapat tribun penonton, yang dibuat dengan sistem knock down (bongkar pasang), gudang penyimpanan sepatu skating, dan kantor administrasi kepengurusan. Pada area ini juga terdapat 2 (dua) fasilitas sarana dan prasarana olahraga Squas. Udara di dalam ruang area tertutup ini dijaga dalam kondisi tetap stabil di bawah 0 derajat C. Kondisi temperatur ini dimaksudkan agar kepadatan alas Skating tetap terjaga dengan baik.

Lapangan SQUAS



Lapangan Squas
Squas merupakan cabang olahraga yag juga digemari masyarakat di negara Bulgaria. Sehingga fasilitas sarana dan prasana cabang olahraga inipun tidak luput dari perhatian Pemerintah Kota Varna. Fasilitas sarana dan prasarana ini dibuat dalam bangunan yang sama di Dom area Hocky Ice Skating. Di dalam Dom tersebut, terdapat 2 (dua) lapangan Squas yang saling bersebalahan. Satu dengan yang lainnya dibatasi dengan penyekat tembus pandang berbahan fibreglass. Sehingga, satu dengan yang lainnya tidak saling terganggu. Penggunaan lapangan ini diatur dalam dua sesi kebutuhan. Kebutuhan pertama diperuntukan kepada masyarakat umum sebelum pukul 18.00 secara free (tidak dikenakan biaya sewa lapangan), dan sesudah pukul 18.00 diperuntukan kepada klub pembinaan. Pengguna lapangan ini setalh pukul 18.00 dikenakan biaya sewa, namun tidak memberatkan masyarakat.

Area Extrem Sport (Olahraga Tantangan)



area extrem sport
area BMX


area extrem sport
Extrem sport merupakan jenis cabang olahraga rekreasi yang diperuntukan kepada kaum muda. Adapun jenis cabang olahraga ini terdiri dari 7 (tujuh) jenis, yaitu Sepeda BMX, Skateboard, Cheerleading, In Line (sepatu roda), Breakdance (B-Boy), Capouera, dan Parkuer. Pada area Moldost Sport Complex terdapat area extrem sport cukup luas dengan seluruh area beralaskan karet biru. Seluruh fasilitas sarana dan prasarana pendukung 7 (tujuh) jenis cabang olahraga tantangan terdapat di area ini. Masyarakat Kota Varna dapat mempergunakan area ini secara gratis. Karena area ini sangat luas, satu dengan lainnya sangat tidak terganggu, walaupun mungkin dipergunakan dalam waktu yang bersamaan. Area ini karena beralaskan karet, maka dapat mengurangi tingkat cidera bagi sipengguna area ini. Karena jenis cabang olahraga ini sangat beresiko tinggi untuk cidera. Karena di dalam atraksinya cenderung menggunakan atraksi yang sangat bebahaya.

Area Belajar Sepatu Roda


Jenis cabang olahraga sepatu roda merupakan jenis cabang olahraga yang membutuhkan kemampuan pengaturan keseimbangan badan. Oleh sebab itu, dibutuhkan area tersendiri yang tidak ada gangguan dari aktivitas lainnya. Dalam pembelajaran keseimbangan, anak-anak membutuhkan ruang gerak yang cukup luas dan alas yang tidak keras. Sehingga, saat  anak jatuh pada saat pembelajaran akan memperkecil faktor cidera. Area pembelajaran sepatu roda ini dibuat bulat dan dibatasi pagar tembok pendek. Diamater area ini kurang lebih  20 meter, sangat cukup memadahi sebagai area pembelajaran.

Arena Panjat Tebing


Walaupun tidak terlalu populer di kalangan masyarakat Bulgaria, cabang olahraga panjat tebing juga tetap menjadi perhatian dan pengembangan pembinaan bagi Pemerintah Kota Varna. Salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap cabang olahraga ini adalah dengan menyediaakan sarana dan prasarana olahraga cabang olahraga ini di area Moldost Sport Centre. Bersebelahan dengan area sepatu roda, dibangun area panjat tebing yang diperuntukan bagi kaum muda dan masyarakat umum. Sasaran pengadaan sarana dan prasarana ini tidak diperuntukan sebagai peningkatan prestasi olahraga, tetapi lebih mengarah kepada pemenuhan kebutuhan masyarakat pada umumnya, dengan tujuan peningkatan kesehatan dan kebuagaran kepada masyarakatnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar